Suku Lampung – Sumatra

Etnis Lampung yang biasa disebut Ulun  Lampung /  Lampung  Rakyat tradisional geografis  adalah suku yang menempati seluruh provinsi Lampung dan Selatan Sumatera provinsi paling selatan dan tengah daerah menempati Martapura , kecamatan Muaradua di Ulu Histories , Kayu Agung , Tanjung Raja di Histories Ilir , Merpas di Selatan Bengkulu dan Cikoneng di pantai barat Banten .

Pada dasarnya urutan  Ulun  Lampung  yang berasal dari Sekala Brak , namun dalam perkembangannya , pada umumnya adat Lampung dibagi menjadi dua , yaitu masyarakat adat dan masyarakat adat Lampung Lampung Saibatin Pepadun .

Adat Saibatin kental dengan aristokrasinya nilai , sedangkan masyarakat adat dari yang baru dikembangkan Pepadun kemudian kemudian setelah Sheba yang dilakukan oleh Abung ke Banten lebih berkembang dengan nilai – nilai demokrasi yang berbeda dengan nilai-nilai aristokrasi yang masih ditaati oleh Masyarakat Adat Saibatin .

Lampung bahasa , adalah sebuah bahasa yang diucapkan oleh Ulun Lampung di Lampung , Palembang dan selatan pantai barat Banten .Bahasa ini termasuk Sundik cabang , dari yang Melayu – Polinesia dan barat yang masih dekat terkait dengan dengan Sunda , Batak , Jawa, Bali , Melayu bahasa dan sebagainya .

Berdasarkan bahasa peta , bahasa Inggris memiliki dua subdilek Lampung . Pertama , dialek A ( api) digunakan oleh ulun Sekala Brak , pengguliran Maringgai , Rajabasa Darah Putih , Balau Telukbetung , Pengacara Kota Semaka , Pesisir Krui , Ranau , Sejarah dan Kekuasaan ( yang menjadi kebiasaan Saibatin Lampung) ), dan Right Way , Sungkai , dan Pubian ( yang biasa menjadi Pepadun Lampung ). Kedua , subdialek O ( ver) dikenakan oleh ulun Abung dan Tulang ( yang biasa Pepadun Lampung ).Dr Van Royen diklasifikasikan dalam dua sub Lampung bahasa dialek , yang dialek atau dialek Belalau Api dan Dialek Abung atau Nyow .

Lampung  Script disebut Punya Lampung adalah bentuk tulisan yang memiliki hubungan dengan Pallava naskah dari India Selatan .Berbagai macam menulis fonetik suku kata yang seperti vokal di Arab huruf menggunakan Fathah tanda-tanda di atas baris dan kasrah tanda-tanda di bagian bawah tetapi tidak menggunakan dammah tanda di depan barisan tetapi menggunakan tanda di belakang , masing-masing tanda memiliki sendiri nama .

Seandainya Lampung berarti dipengaruhi dua elemen, yaitu alfabet Arab dan aksara Pallawa . Memiliki Lampung memiliki bentuk kekerabatan dengan Rencong Script , Script dan naskah Bugis Rejang Bengkulu .

Lampung pernah terdiri dari huruf induk , huruf anak-anak , huruf ganda anak-anak dan kelompok konsonan , ada juga simbol , angka dan tanda baca .

Lampung telah disebut KaGaNga ditulis dan dibaca dari kiri ke kanan dengan Induk Surat dari 20 buah .Aksara Lampung telah mengalami pertumbuhan atau perubahan . Sebelumnya Harus kuno Lampung jauh lebih kompleks . Dengan demikian , perbaikan untuk dikenal sekarang . Memiliki surat atau Lampung diajarkan di sekolah-sekolah saat ini adalah hasil dari para penyempurnaan.

Lebih lengkapnya bisa kalian kunjungi Milenialjoss.com disana terdapat berbagai macam budaya yang telah dibahas.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>