Alat Musik Tiup Modern

Berikut adalah beberapa nama alat musik modern yang dimainkan dengan bermain. Alat musik modern ini sering dimainkan dalam pertunjukan musik besar dan pertunjukan musik serius.

klarinet

Klarinet adalah salah satu instrumen angin yang berasal dari instrumen angin. Sedangkan penggunaan nama klarinet itu sendiri diambil dari bahasa Italia “Clarino yang berarti terompet dan ditambahkan dengan akhiran kata yang berarti seni kecil”. Jadi dapat disimpulkan apakah klarinet adalah terompet kecil.

Cara memainkan klarinet tidak jauh berbeda dengan memainkan trompet, tetapi hanya dengan tongkat.

Saxophone

Masih dalam keluarga Woodwind, saksofon juga merupakan salah satu instrumen yang sering dimainkan dalam pertunjukan musik besar atau sering digunakan sebagai iringan kelompok musik besar. Alat musik tiup ini juga sering dimainkan dalam pertunjukan jazz, musik populer dan sebagainya.

Alat musik yang memiliki beberapa tombol di bagian bawah sebagai pengatur nada ini adalah alat musik untuk band-band militer. Sexophone yang sama dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Curve Bell Sporano Sexophone, Alto Sexophone dan Soprano Sexophone.

Obo

Obo adalah alat musik tiup yang menggunakan kayu berlaras dua. Penggunaan nama obo sendiri diambil dari kata Perancis “hautbois” yang berarti “tinggi” bahkan sampai sekarang musisi Inggris masih sering menggunakan kata hautboy untuk memberi nama instrumen ini.

Dibandingkan dengan alat musik tiup lainnya, obo memiliki suara yang jauh lebih melengking dan lebih jernih. Suara yang dihasilkan oleh obo akan didengar dengan jelas pada ansambel besar dan akan mudah didengarkan selama penyetelan.

Trombone

Penggunaan nama trombon berasal dari bahasa Italia “tromba” yang berarti terompet dan mendapat akhiran -satu yang berarti besar. Dengan cara ini arti kata trombon adalah terompet besar.

Bahan untuk realisasi instrumen angin ini adalah logam, oleh karena itu suara yang dihasilkan cenderung lebar dan kuat. Juga, karena ukurannya yang besar, suara yang dihasilkan sangat keras.

Harmonika

Dari bentuknya, harmonika adalah salah satu alat musik modern yang memiliki bentuk terkecil. Cara bermainnya sangat mudah, hanya dengan mengisap dan kemudian meniupkan udara ke dalam lubang harmonika saat Anda memindahkannya ke kiri dan ke kanan untuk menghasilkan suara yang indah.

Seiring perkembangan zaman, harmonika memiliki tipe yang sangat berbeda, bahkan lebih dari 60 jenis.

Terompet

Siapa yang tidak kenal alat logam ini? alat musik yang peringkat di tingkat tertinggi di antara sousafon, trobon, tuba dan lainnya, terompet dapat dimainkan dengan cara yang cukup sederhana. Dalam instrumen ini ada 3 tombol nada yang harus dimainkan oleh blower untuk menghasilkan suara yang indah.

Terompet itu sendiri dibagi menjadi beberapa jenis, dan yang paling umum termasuk trompet C, D, E, F, G dan juga A.

Tuba

Tidak kalah besar dari trombone, tuba juga merupakan instrumen angin modern dengan dimensi yang agak besar. Instrumen ini, yang muncul dari abad ke-19, akan menghasilkan suara yang keras dan rendah.

Nada yang dihasilkan oleh tuba falopii biasanya dipengaruhi oleh panjang dan bentuk bibir, kecepatan aliran udara yang dihasilkan dan tekanan bibir. Bentuknya sendiri didesain dengan cara silindris, sehingga menghasilkan suara berkualitas bagus. Di tuba Anda dapat menemukan 3 kunci yang dapat dimainkan.

Fagot

Bassoon atau Fagor adalah alat musik kayu dan dibagi menjadi pipa panjang berbentuk U dan logam berbentuk S. Alat musik tiup modern ini juga memiliki corong kerucut.

Pitch yang dihasilkan oleh instrumen ini sangat rendah sehingga tidak dapat dimainkan secara pribadi dan harus dimainkan dengan instrumen lain dengan pitch yang lebih tinggi.

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>