7+ Alat Musik Petik Modern

Alat musik modern adalah jenis alat musik yang berasal dari luar negeri. Beberapa alat musik modern ini sudah tidak asing lagi dan sering ditemukan di Indonesia. Nah, berikut adalah beberapa jenis instrumen senar modern yang harus diketahui.

1. Gitar

Gitar adalah jenis alat musik dawai yang dapat menghasilkan suara saat dipilih. Sejarah penampilan gitar berasal dari Spanyol. Alat ini juga terbuat dari kayu. Tidak hanya mereka yang dipilih, tetapi kita juga bisa bermain dengan memukul mereka dengan jari-jari Anda. Ada dua jenis gitar yang terkenal, akustik dan listrik.

2. Ukulele

Ini adalah instrumen senar khas yang berasal dari negara Hawaii. Ukulele, jika diterjemahkan ke dalam bahasa Hawaii berarti “kutu”. Menurut sejarah, instrumen ini sudah ada di Indonesia sejak 1880. Jika diperhatikan, ukulelenya hampir sama dengan gitar. Namun perbedaannya terletak pada ukurannya. Ukuleles lebih kecil dari gitar, yang panjangnya sekitar 20 inci.

3. Banjo

Banjo adalah alat musik gesek yang berasal dari Amerika. Munculnya alat ini di Amerika adalah ketika ada kehidupan budak Afrika di sana. Budak Afrika menciptakan alat dan mengubahnya menjadi alat musik yang mampu menghasilkan suara yang berbeda. Penggunaan alat musik Bando ini sering ditemui di Irlandia bluegrass, folk, country dan musik tradisional. Banjo juga merupakan jenis alat musik tertua di Amerika.

4. Harpa

Harpa adalah salah satu alat musik tertua di dunia. Instrumen dawai ini memiliki tiga bagian, yaitu papan suara, leher, dan dawai. Jumlah busur atau busur pada harpa bervariasi dari 22 hingga 47 buah. Alat musik dawai ini biasanya dimainkan dalam orkestra atau bisa sendiri-sendiri. Pada awal 1500 SM dawai atau dawai dibuat dengan serat rambut atau tanaman yang menempel di sisinya.

5. Gambus

Alat gabus berasal dari wilayah Timur Tengah. Selanjutnya, alat ini menyebar dan menyebar hampir ke seluruh komunitas Melayu. Instrumen ini mirip dengan gitar, tetapi perbedaannya terletak pada bentuknya yang mirip dengan labu dibagi dua. Untuk fungsinya sendiri, yaitu sebagai pendamping dalam tarian zapin. Selain itu, alat musik dawai ini juga sering digunakan sebagai iringan musik Islami.

6. Gayageum

Gayageum adalah sejenis alat musik harpa dari Korea. String ini terdiri dari 12 string. Berdasarkan jenis bunyi, instrumen ini dibagi menjadi dua atau jeongak dan sanjo. Perbedaan fungsi adalah bahwa Sanjo digunakan untuk pertunjukan solo sedangkan jeongak adalah untuk orkestra.

Dan bau

Alat musik dan aroma berasal dari negara Vietnam. Dipilih bagaimana memainkan alat musik Dan Bau. Keunikan instrumen ini dan aroma yang hanya memiliki kunci atau nada hampa. Penampilan alat musik Dan aroma hangat terdiri dari tongkat, bambu, benang sutera, dan batok kelapa.

Demikianlah ulasan dari beberapa deskripsi instrumen senar tradisional yang berasal dari Indonesia dan yang modern dari luar negeri. Selain yang disebutkan di atas ada banyak jenis alat musik yang dimainkan dengan memilih. Saya harap artikel ini akan menambah wawasan Anda tentang seni dan budaya daerah dan negara mana.

Sumber: Trifaris.net

Tags:  

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>